tes header
Cara Memilih Pompa Air dan Cara Memasangnya

Cara Memilih Pompa Air dan Cara Memasangnya

Minggu, 22 Januari 2017

Kebutuhan akan air tentu tak terlepaskan dari kehidupan Anda sebagai mahluk hidup, air memang menjadi kebutuhan utama yang paling komplek di rumah tangga mulai dari untuk minum, cuci, masak, dan kebutuhan lainnya. Hampir setiap rumah yang Anda temui pasti memiliki sumber mata air di sekitar rumahnya entah milik pribadi ataupun milik umum yang dipakai secara bersama-sama. Sebagai kebutuhan yang sangat mendasar, tentunya anda selalu membutuhkan penggunaan air setiap saat. Maka dari tak sedikit dari anda yang saat ini belum memiliki sumber mata air pribadi pati mempunyai rencana untuk membuat sumur yang dapat berfungsi dalam memenuhi kebutuhan air setiap harinya. Lalu bagaimana cara memilih pompa air terbaik yang cocok untuk kondisi daerah Anda?

Di setiap rumah yang anda temui sudah banyak yang menggunakan sumur sebagai tempat untuk pemenuhan kebutuhan air setiap harinya. Tak jarang dari mereka menggunakan 1 atau 2 buah sumur sekaligus sebagai cara untuk memenuhi kebutuhan air yang tak mungkin berhenti. Dengan semakin anyaknya kebutuhan air saat ini dan pasokannya mulai berkurang, di kota-kota besar bahkan sudah banyak yang menggunakan air PDAM sebagai cara alternafif untuk pemenuhan kebutuhan air bersih setiap harinya. Tak jarang juga di setiap rumah juga menggunakan jenis tandon penyimpan air dalam jumlah yang banyak, tujuannya tak lain adalah jika sewaktu-waktu ada pemadaman listrik maka produksi air tidak akan berhenti dan tetap dapat digunakan. Namun, bagaimana untuk mereka yang tak memiliki stop air yang banyak seperti penggunaan tandon tersebut?

Salah satu cara yang dapat dilakuan untuk pemenuhan kebutuhan air tak lain adalah dengan membuat sendiri aliran air atau sumur pompa sebagai alat pemancing yang mengambil air langsung dari sumbernya. Memang diketahui telah banyak sekali jenis pompa air yang mulai digunakan oleh masyarakat kita mulai dari penggunaan sumur pompa air, sumur gali, hingga jenis pompa listrik atau yang seing disebut dengan sanyo. Dari berbagai jenis pompa sumur tersebut tetap memiliki fungsi yang sama yaitu untuk mengambil air bersih dari sumber mata airnya. Namun seringkali pompa air yang anda gunakan di rumah sering mengalami berbagai masalah misalnya saja seperti pompa yang mampet, tidak keluar airnya, terlalu dalam debit air sehingga pmpa tidak mampu menarik air ke atas permukaan dan lain sebagainya. Apakah ada solusi untuk menghadapi masalah tersebut?

Pompa air seringkali digunakan di rumah-rumah masyarakat saat ini, tak jarang dari mereka yang lebih memilih jenis penggunaan pompa air terbaik dengan merek yang terkenal sebagai solusi terbaik agar pemilihan  pompa air tersebut dapat bertahan dalam waktu yang lama. Namun, tidak semuanya benar, terkadang pompa air yang anda pilih dan anda beli dengan harga yang mahal justru cepat rusak dan tidak dapat digunakan lagi. Jika pompa air yang anda di rumah anda rumak tentu anda akan kebingungan dalam pemenuhan produksi air sehari-hari. Maka mulaikan berbagai cara dilakukan agar fungsi pompa air dapat digunakan sebagaimana mestinya mulai dari membeli pompa air  baru, memanggil tukang service sumur, dan lain sebagainya. Perlu diingat jika pompa yang ada di rumah anda sewaktu-waktu rusak dan tidak dapat digunakan bukan berarti kualitas dan ketahanan pompa yang rendah, melainkan masih ada faktor lain yang dapat menyebabkan pompa air lebih cepat rusak dan mengalami masalah sehingga tidak dapat digunakan.

Apa saja masalah yang menyebabkan pompa air tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya? Pompa yang macet dan tidak dapat digunakan bukan berarti bahwa pompa air tersebut mengalami kerusaakan mesin dan lain-lain. Perlu ditelisi lebih lanjut bahwa pompa yang tidak berfungsi dapat disebabkan oleh berbagai faktor lainnya misalnya saja seperti kedalaman sumber air yang terlalu dalam berada di bawah permukaan. Hal tersebut dapat menyebabkan pompa air sanyo anda mudah mengalami kerusakan. Penyebabnya adalah mesin akan lebih berat mengangkat air yang berasal dari sumbernya ke permukaan atas yang lebih tinggi. Jarak dasar air dari permukaan bawah air menjadi faktor utama pompa air sanyo anda gampang mengalami kerusakan mesin atau macet sehingga tidak dapat digunakan lagi.

Sebenarnya anda bisa saja melakukan beberapa cara sebagai solusinya misalnya saja memanggil jasa sumu air jogja terbaik untuk mengatasi masalah tersebut. Dengan kata lain tukang ahli sumur jogja akan membantu anda mengatasi permasalahan sumur pompa air tersebut. Biasanya tindakan yang akan dilakukan oleh ahli sumur jogjakarta adalah mengebor ulang suber mata air dengan ke dalaman yang lebih tinggi dari sebelumnya. Tujuannya selain untuk menghindari adanya material tanah, pasir, batu ikut tercampur ke dalam air juga lebih dapat meringankan beban mesin pemompa yang ada di sanyo Anda. Dengan begitu pompa air sanyo akan lebih mudah mengangkat air dari sumbernya dan mengangkatnya ke atas permukaan dengan lebih ringan dan mesin pmpa sanyo yang anda miliki juga lebih tahan awet dan tidak mudah rusak lagi.

Untuk anda yang memiliki beberapa keluhan mengenai pompa air yang anda gunakan, maka jangan langsung mengambil kesimpulan bahwa pompa rusak dan sudah tidak dapat digunakan dan harus diganti. Belum tentu, karena anda masih bisa menyelesaikannya dengan cara lain yang lebih mudah dan efektif sekaligus lebih ringan dari segi biayanya. Ahli sumur jogja terbaik dan terpercaya dapat menjadi satu solusi terbaik untuk mengatasi masalah sumur anda. Nah, untuk anda yang memiliki rumah dengan lokasi permukaan tinggi atau yang berada di dataran tinggi, kami tim ahli sumur jogja akan memberikan tips cara memilih pompa air terbaik yang paling tepat anda gunakan sekaligus cara pemasangan pompa air.

cara Memilih dan Memasang Pompa Air

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memilih jenis pompa air, berikut adalah penjelasan lebih lengkapnya:

  1. Tingkat Kedalaman Air

Kedalaman sumber air seringkali dianggap suatu yang remeh ketika pemasangan pompa air. Sebenarnya titik kedalaman air sangat berbengaruh terhadap jenis pompa atau sumur yang dapat anda gunakan dengan baik. Misalnya saja sebagai contoh sebelum dilakukannya pembuatan atau pemasangan jenis pompa air maka biasanya akan diketahui terlebih dahulu berapa kedalaman titik sumber mata air di bawahnya. Tujuannya adalah untuk menentukan seberapa dalam galian atau bor yang akan digunakan dan berapa panjang pipa yang akan di pasang jika anda menggunakan jenis pompa air sanyo.

  1. Jenis Pompa Air yang Digunakan

Jenis pompa air juga menjadi hal utama yang perlu anda pertimbangkan ketika membuat sumber air atau sumur. Untuk setiap kedalaman titik air maka akan berbeda pula pemilihan atau penentuan jenis pompa yang akan digunakan. Untuk kedalaman air yang berada di bawah permukaan kurang dari 7 m, maka pilihlan penggunaan sumur dangkal dengan kedalaman yang sedang. Jika kedalaman berada di antara 7 – 9 m maka jenis pompa air yang bisa digunakan adalah pompa tipe semi jet up. Lalu untuk kedalaman air yang berada jauh di titik permukaan tanah seperti halnya dengan kedalaman sekitar 20 – 30 m hingga lebih, penggunaan pompa apakah yang paling cocok. Pertanyaan tersebut seringkali terlintas untuk anda yang bertempat tinggal di dataran tinggi. Tenang jenis pompa air jetpum dapat menjadi pilihan pembuatan sumur terbaik untuk lokasi yang memiliki kedalaman sumber air yang sangat dalam.

Dari 2 faktor tersebut sebenarnya masih ada beberapa faktor lin yang perlu anda perhatikan ketika memilih pompa air yang akan digunakan seperti mengenai spesifikasi pompa, suara pompa yang dihasilkan, berapa volume air yang akan dihasilkan dari pompa air, daya listrik yang digunakan, ketinggian tower air yang akan dibuat dan yang paling penting dari semua aitu adalah mengenai budget anda sendiri. Jika biaya yang anda miliki termasuk tinggi sebaiknya pemilihan jenis pompa air paling bagus adalah solusi terbaik untuk menjawab kebutuhan air anda sampai seumur hidup atau bahkan hingga diwariskan secara turun temurun, namun yang manjadi masalah jika budget yang anda miliki pas-pasan namun penggunaan pompa dengan kualitas terbaik.

Namun sebelum menentukan atau memilih jenis pompa air air terbaik, anda dapat mengkonsultasikannya sengan beberapa tim servis pompa air jogja profesional yang siap membantu anda dalam penanganan masalah pada sumur dan pembuatannya.

Cara Memasang Pompa Air

  1. Tempatkan pompa air dengan jarak yang lebih dekat dengan sumber mata airnya misalnya seperti dekat dengan sumur ataupun sumber permukaan yang lebih dangkal.
  2. Hindarkan pemilihan tempat pompa air yang terhindar dari terkenanya hujan, panas matahari dan lain sebagainya, bisa diletakkan di dalam rumah atau dibuatkan sendiri tempat khusus untuk penempatan pompa tersebut.
  3. Hindari penempatan pompa yang sulit dijangkau karena jika sewaktu-waktu terjadi masalah maka anda akan kerepotan untuk memeriksanya.
  4. Cegah adanya lipatan pipa untuk menghindari adanya sumbatan air untuk menuju kran.
  5. Untuk pemasangan pips sebaiknya pipa yang berada dekat dengan mesin pompa air dipasang dengan bentuk yang vertikal tujuannya adalah agar air yang keluar lebih lancar.
  6. Patikan setelah pemasangan pipa air idak ada kebocoran yang ada di sekitar pipa, pemeriksaan ini sangat perlu dilakukan untuk mengantisispasi terjadinya kebocoran yang lebih besar.
  7. Tahap air adalah pemeriksaan dari segi mesin pompa dan juga saluran-saluran yang dibuatnya apakah semua saluran air sudah dapat mengeluarkan air dengan lancar atau belum.
  8. Sebaiknya untuk anda yang memiliki lokasi sumber mata air yang ada jauh dari permukaan tanah maka penggunaan pompa yang tepat dapat anda konfirmasikan terlebih dahulu kepada tukang ahli sumur yang menangani masalah tersut. Biasanya ahli sumur profesional sudah sangat berpengalaman dalam menentukan jenis pompa air terbaik untuk setiap kedalaman air yang berbeda.

Untuk masalah pemilihan pompa, pemasangan, pembuatan sumur, mesin pompa yang rusak atau macet maka jagan langsung mengambil keputuhan akan masalah yang terjadi. Untuk memastikan kebenarannya anda dapat langsung menghubungi pihak jasa ahli sumur jogja terpercaya sebagai jasa ahli yang menangani masalah sumur dan sumber mata air lainnya. Untuk itu silahkan menghubungi kami jasa ahli sumur bor jogja terbaik, terpercaya dan profesional dalam pembuatan dan pemilihan jenis pompa air.

Info Terbaru

TELEPON

Tukang Sumur PAK SURYONO

TELEPON :

0877-05-200-300

085-1001-96741

JL.IMOGIRI BARAT KM.11 JETIS BANTUL YOGYAKARTA

Partner

Sosial Media

Statistik

Pengunjung Hari ini : 26 | Total : 13003 | Hits hari ini : 60 | Total Hits : 41861 | Pengunjung Online : 1

Copyright © ahlisumurjogja.net